Monday 7 November 2011

Info TA Benih Anthurium


RINGKASAN
Respon Benih Anthurium Varietas Gelombang Cinta dan Dasi Terhadap Konsentrasi Pupuk Cair Biourine: Rosidah, K4040722; 2010; 32 halaman; Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember.

Banyak cara yang dilakukan petani anthurium untuk melakukan perbanyakan anthurium secara generatif, namun pembibitan melalui benih memerlukan waktu yang sangat lama. Maka dari itu diperlukannya suatu terobosan baru dalam dunia pertanian khususnya untuk tanaman hias, dimana jarangnya para petani menggunakan pupuk cair untuk perawatan tanaman atau sebagai pemacu pertumbuhan tanaman. Di dalam pupuk cair biourine banyak unsur yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah zat perangsang tumbuh IAA.

Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pupuk cair biourine dalam pembibitan benih anthurium,
Penelitian dilaksanakan di Lahan Politeknik Negeri Jember. Waktu penelitian dilakukan mulai Bulan Juni sampai dengan Bulan Agustus 2010. Adapun alat dan bahan yang digunakan adalah benih anthurium varietas gelombang cinta dan dasi, pupuk kandang, kompos, serta cacahan pakis sebagai media tanam dan biourine untuk penyiraman dengan beberapa konsentrasi (kontrol, 2.5 %, 5 %, 10 %, 20 %). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan data secara observasi secara langsung, menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) 1 faktor dengan tiga kali ulangan.
Parameter panjang daun dan jumlah daun tidak menunjukkan hasil yang berbeda nyata (nonsignifikan). Sedangkan untuk parameter berat basah dan kering tanaman menunjukkan hasil yang berbeda nyata pada konsentrasi (20 %) untuk varietas dasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan untuk dilakukan uji lanjutan untuk lebih mengetahui pengaruh dari pupuk cair biourine terhadap pembibitan anthuirum.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online