Wednesday 23 August 2017


Ollaaa...😊😊, setelah lama didiemin dan terlupakan. Iseng buka blog ini pake email yg diingat dan ternyata bisa. Rada susah yah buat mau menulis coz harus ingat-ingat lagi apa yang terjadi di 2013 kemarin.

Pertama kali ngeplan buat ke luar Negri itu tahun 2013. Dan disini aku ngereview hal-hal yang harus dilakukan buat ngeprepare travelling kamu. Berdasarkan pengalaman pribadinya aku. Enjoy 😀.
1.     Booking tiket pesawat.
Untuk maskapainya yang sesuai dengan kantong aku yah air asia . Tapi terserah sih, mau pake apa, kebetulan selama ini cuman pake AA. Dan kebanyakan dari blog-blog yang dibaca juga menggunakam air asia.  Hal pertama adalah follow semua akun sosial medianya air asia dari instagram, twitter maupun facebook. Nah dari sini kita bakal tau kapan adanya promo2 dari maskapai ini. Kamu bisa buka langsung webnya atau gak download ajja aplikasi di smartphone.

2.     Gabung di grup travelling.
Gabung di grup travelling akan sangat membantu sekali kamu mengenai informasi dari negara yang dituju, kapan ada promo tiket pesawat, serta para member akan selalu memberikan informasi berdasarkan pengalaman mereka dari destinasi, transportasi, hotel, dan tempat makan sangat-sangatlah mendetail. Ada 2 grup traveling yang aku ikuti di facebook, backpacker dunia dan backpacker international. So if you wanna going to traveling, come on joint on grup.

3.     Preparing document
Setelah fix dapet tiket buat ke negara yang kamu tuju, walaupun berangkatnya masih lama bgd, seperti aku berangkatnya setelah issued tiket adalah 1 tahun kemudian. Aku berangkat ke thailand maret 2014 dan buat pasportnya diakhir 2013. Jadi siapin dokumen kamu beberapa bulan sebelum hari H. Kalo aku sih gitu, Tergantung masing2 orang yah. Kebetulan sekali imigrasi di daerah aku gak ada, jadi harus ke kota lain buat apply pasport. Nah, selain pasport asli aku juga bawa fotocopy pasport yang dicopy 5 lembar ini mah terserah mau dibawa berapa lembar juga. Buat jaga-jaga aja.

4.     Buat itinerary
Iyes. Ini adalah hal yang paling aku suka. Hahahhaha. Jadi sumber dari itinerary itu semua dari blog-blog yang kita baca digabungin. Menurut aku penting bgd yah itinerary ini biar gak berantakan ajja selama traveling, jadwal kamu teratur. coz ini gak pake bantuan tour jadi semua dikerjain sendiri, selain buat itinerary aku juga ngerangkum transportasi yang dipake selama di negara tersebut. Rute destinasi, jadwal bus dan mrt beroperasi. Kamu bisa print dari internet map mrt, atau map negara yang dituju. Aku gitu, Ngeprint map mrt, map negara yang dikunjungi juga. Sebenernya di bandara-bandara banyak sekali map2 yang tersedia. Pas keluar imigrasi ambil ajja map-map yg bertebaran. Di handphone kita sendiri juga ada yah tinggal download aplikasi map. Aku download maps me 😁. make it simple, pokoknya selama traveling jangan dibawa ribet aja.

5.     Makanan dan obat-obatan.
Ini penting bgd yah. Terutama yang muslim kan rada susah nyari makan diluar negri. Biasanya aku bawa mie instan, abon dan makanan kering gitu lah, sambel instan dan obat-obatan ajja. Kalo aku pribadi sih bawa nya obat maagh, pilek  dan demam, antimo,  minyak kayu putih. Paling penting ini. Tergantung kebutuhan pribadi yah. Kalo aku cuman bawa jenis obat-obatan itu ajja.

Wess deh itu ajja, silakan di tambahin dikolom komentar, apa aja yang harus disiapin bagi yang sangat berpengalaman di dunia traveling 😀. Intinya jangan ngeribetin diri sendiri dan nyusahin orang. Dan yang penting banged nih adalah fisik dan mental. Kamu itu travelingnya sendiri tanpa dibantu tour, paling-paling banged ini yang perlu di charge adalah Kaki 👣 coz pasti banyak jalan kakinya. Kalo memilih traveling sendiri kamu gak akan bisa lepas sama yang namanya jalan kaki. Untuk point 5 sendiri, baru aku bawa di traveling kedua coz pas pertama kali traveling gak ada bawa makanan dan obat-obatan. Akan aku ceritakan di postingan berikutnya akibat tidak membawa makanan dari Indonesia dan penyakit apa yang menimpa saya 😂😂. Akan ada pembelajaran dari traveling sebelumnya untuk perbaikan traveling berikutnya. Jadi aku banyak banged dapet pengalaman, hikmah dan hal-hal yang bisa membuat diri kita bisa lebih baik lagi.
Tunggu postingan aku tentang pertama kali keluar negri, kenapa memilih thailand untuk traveling pertama ini, jera kah saya atau ketagihan kah saya buat traveling lagi. Ditunggu yah, jangan bosen buat mampir ke blog aku dan tinggalin komen donk biar blog aku bisa lebih baik lagi tampilan dan isi nya. Coz kritik dan saran sangat dibutuhkan buat kebaikan bersama. See yah..

Tambahan :
Eeeh iyaah, gambar aku ambil dari google coz hampa ajja gitu tanpa ada gambar. Untuk koleksi pribadi sih udah pada hilang bersamaan dengan hp yang hilang juga 😂. Tapi buat negara thailand alhamdulillah foto masih ada, syukurnya kemarin sempet ngeapload di facebook.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online